Organisasi sebagai Sistem Sosial dan Cara Pandang Organisasi sebagai Sistem Sosial
Organisasi adalah suatu kelompok orang yang mempunyai tujuan yang sama. Tujuan merupakan hasil yang berupa barang, jasa, uang, pengetahuan dan lain – lain. Tujuan disini dapat di definisikan sebagai output, dan untuk menjadi output di perlukan input. Input dapat berupa raw material, sumber daya manusia, uang, informasi dan lain – lain. Sistem sendiri dapat didefinisikan sebagai suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energy
.
Pengertian dari sosial adalah manusia yang berkaitan dengan masyarakat dan para anggotanya. Dengan demikian sistem sosial merupakan orang-orang dalam masyarakat dianggap sebagai sistem yang disusun oleh karakteristik dari suatu pola hubungan dimana sistem tersebut bekerja untuk mewujudkan keinginannya. Beberapa hal yang menggambarkan organisasi sebagai sistem sosial antara lain dengan adanya organisasi sosial dan cara pandang organisasi sebagai sistem sosial. Perilaku organisasi adalah penerapan pengetahuan tentang bagaimana orang bertindak di dalam organisasi. Dengan demikian dalam kaitannya dengan organisasi sebagai sistem sosial maka kajian perilaku organisasi mencakup berbagai aspek seperti : publik, bisnis, sosial dan lain-lain
Pengertian dari sosial adalah manusia yang berkaitan dengan masyarakat dan para anggotanya. Dengan demikian sistem sosial merupakan orang-orang dalam masyarakat dianggap sebagai sistem yang disusun oleh karakteristik dari suatu pola hubungan dimana sistem tersebut bekerja untuk mewujudkan keinginannya. Beberapa hal yang menggambarkan organisasi sebagai sistem sosial antara lain dengan adanya organisasi sosial dan cara pandang organisasi sebagai sistem sosial. Perilaku organisasi adalah penerapan pengetahuan tentang bagaimana orang bertindak di dalam organisasi. Dengan demikian dalam kaitannya dengan organisasi sebagai sistem sosial maka kajian perilaku organisasi mencakup berbagai aspek seperti : publik, bisnis, sosial dan lain-lain
Proses pengambilan keputusan dalam suatu organisasi
1.Investigasi Situasi
-Identifikasi masalah
-Diagnosa penyebab
-Identifikasi Tujuan dari keputusan yang akan diambil
2.Penentuan Alternative
-Identifikasi berbagai alternative keputusan
-Evaluasi belum dilakukan pada tahap ini
3.Penilaian Alternative dan Penentuan Keputusan
-Evaluasi dan penilaian alternative yang ada
-Penentuan alternative yang terbaik
4.Implementasi dan Pengawasan
-Rencana implementasi
-Implementasi dari rencana yang telah dibuat
-Pengawasan terhadap langkah implementasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar