Sabtu, 20 November 2010

Pengalaman di organisasi formal dan informal dan Konflik

Istilah Organisasi
1. Organisasi Menurut James D. Mooney
Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
2. Organisasi Menurut Chester I. Bernard
Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
Pengertian / Definisi Organisasi Informal dan Organisasi Formal
1. Organisasi Formal
Organisasi formal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang mengikatkan diri dengan suatu tujuan bersama secara sadar serta dengan hubungan kerja yang rasional. Contoh : Perseroan terbatas, Sekolah, Negara, dan lain sebagainya.
2. Organisasi Informal
Organisasi informal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang telibat pada suatu aktifitas serta tujuan bersama yang tidak disadari. Contoh : Arisan ibu-ibu sekampung, belajar bersama anak-anak sd, kemping ke gunung pangrango rame-rame dengan teman, dan lain-lain.
A Pengalaman di organisasi formal
Setelah melewati
berbagai kendala untuk IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH (IPM) di ajang DOSQI CUP, akhirnya tahun 2008 IPM SMA MUHAMMADIYAH 11 menggelar acara Dosqi Cup SMAM 11. Kegiatan ini berlangsung di halaman depan sekolah  dari pukul 7.30 WIB sampai selesai.
Menurut keterangan Ilham praditiya yang merupakan ketua panitia pelakasana Dosqi cup mengatakan bahwa kegiatan ini perdana di SMAM 11 setelah beberapa lama vakum.

‘’Acara ini sudah cukup lama tidak pernah diadakan di SMAM 11, Dosqi Cup ini bertujuan untuk menjalin persatuan antar beberpa sekolah yang mengikuti acara ini,’’ 

‘’Kami memang sudah lama memprogramkan acara ini, setelah tertunda sejak beberapa tahun lalu, kemudian direncanakan pada waktu itu, tapi karena ada berbagai kendala diundur sampai Februari namun baru terlaksana pada Juni,’’ tambah Danny yang merupakan ketua IPM SMAM 11.

Selain akan menampilkan 32 tim pada waktu itu, Dosqi Cup juga mengundang beberapa SMA yang berada tidak jauh dari SMAM 11 . ‘’Kami memang membatasi jumlah tim yang mendaftar, ini di sebabkan oleh keterbatasan waktu. Final lagsung akan di adakan pada hari H setelah memperoleh 2 tim terbaik untuk dilombakan lagi,’’ ucap Ketua OSIS.

Danny juga menjelaskan bahwa yang akan menjadi penanggung jawab untuk memperebutkan juara satu, dua, tiga, juara top skor  yaitu penanggung jawab dari panita Dosqi Cup SMAM 11 Jakarta

B.Konflik dan pemecahan masalahnya:

Sering terjadinya keterlambatan pada tim lain sehingga di takutkan dalam suata acara tidak bias mengikuti kompetisi tersebut atau di diskualifikasi.
Pemecahan masalahnya adalah : sebagai bagian sekretaris yang sudah di tugaskan untuk diberitahukan sebelumnya pada official tim tersebut.


Pengalaman Organisasi Informal

Di dalam kepanitiaan 17 an disini saya menjabat/ bertugas menjadi anggota seperti memberitahu atau membagi selembar undangan dari rumah ke rumah RT 013.  Panitia HUT RI yang ke-64 & 65 di Rt 013/06 tahun 2010 sekarang.
 Di dalam kepanitiaan HUT RI ini saya mempunyai pengalaman dalam menjadi anggota, saya mendapat banyak ilmu disini diantaranya : mendapat ilmu bagaimana caranya membuat surat undangan, cop surat panitia, membuat lambang panitia disurat undangan, tata cara bahasa yang benar untuk kata-kata dalam latar belakang acara kepanitiaan, susunan acara memberikan pendapat dan tukar pendapat.

Di kepanitiaan ini pasti terdapat kekurangan, karena tidak selalu sempurna pasti sebuah kepanitiaan itu, dari kekurangan ini kita dapat ambil hikmahnya dan belajar dari kekurangan, untuk  kedepan jika saya menjadi pengurus panitia HUT RI kembali.

B. Konflik yang saya pernah hadapi di dalam organisasi informal ini adalah :
Kepanitiaan HUT RI masih terdapat kekurangan dana karena dana di pungut dari sekitar warga seikhlasnya
Pemecahan masalahnya yaitu dengan cara menambahkan iuran dari panitia dan juga meminta donatur yang lainya, sehingga kekurangannya dapat tertutupi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar